Lagu Afrika

Disadari atau tidak, musik mainstream di dunia banyak yang berakar dari musik afrika. Pasti pernah dengar istilah black music kan? Itu adalah jenis musik yang “diciptakan” orang kulit hitam Amerika (di jaman sebelum perang saudara di Amerika), seperti blues, jazz, hip hop, soul.. Disadari atau tidak juga lagu super junior, smash, dan kawan-kawan yang akhir-akhir ini ngetop juga kiblatnya ke hip hop yang merupakan black musicĀ hehehe..

Oke sekarang yang mau saya bahas bukan black musicĀ afrika-amerika, tapi musik asli dari Afrika. Dan ternyata setelah saya dengarkan beberapa lagu Afrika, memang terdapat kesamaan karakteristik dengan black music yang dibahas diatas. Ada lagu-lagu yang nge-blues sendu, beberapa juga ada lirik yang seperti dibaca tanpa nada (seperti Rapping di musik hip hop). Lagu Afrika rata-rata tidak saya mengerti arti liriknya (beberapa ada yang share lirik dalam translate bahasa inggris) tetapi justru itu yang menantang penikmat musik untuk mengetahui maksud dari lagu melalui nada.

Kalian bosan dengar lagu yang itu-itu saja? Berikut lagu Afrika yang asik buat didengarkan …

Ismael Lo – Jammu Africa

lagu ini dinyanyikan Ismael Lo dari Senegal. Kalau dari lirik translate yang saya cari, lagu ini adalah lagu tentang harapan rakyat Afrika untuk bersatu karena banyaknya peperangan yang terjadi di Afrika. Lagu ini pertama kali saya dengar di NatGeo Music, dan saya langsung jatuh cinta dengan lagu ini. Menyentuh, soulfull meskipun gak tau juga arti persis liriknya.

Tanga – Eme N’gongo Lami

Lagu ini dibawakan oleh Tanga (entah nama orang atau band) dari Angola. Lirik lagunya benar-benar blank gak tau artinya. Saya mendengarkan ini ketika nonton film Rebelle (War Witch). Lagu ini menyentuh banget, apalagi ketika lagu ini diputar diakhir film, dengan adegan yang sedemikian rupa. Silahkan cari filmnya untuk merasakan feel yang lebih dari lagu ini..

Ismael Lo – Tajabone

Satu lagi lagu dari Ismael Lo berjudul Tajabone. Lagu ini menceritakan tentang Malaikat Abdou Jabar yang datang untuk jiwa manusia (translate kacau balau hehehe..) berikut lirik dalam bahasa bahasa inggrisnya biar lebih paham..

tajabone we’re going to tajabone,
abdou jabar he’s an angel coming from the skies to your soul,
he’s going to ask you did you pray,
he’s going to ask you did you fast,
he is coming to your soul,
he’s going to ask you did you pray did you fast.

Ada petikan gitar dengan nada sendu, ada bunyi harmonika, apakah mengingatkan anda pada sesuatu? Yap benar! musik blues..

Salif Keita – Africa

Lagu Afrika tidak melulu sendu-sendu seperti lagu-lagu diatas, ada juga lagu yang enerjik seperti lagu dari Salif Keita ini. Pesan dari lagu ini terlihat dari ketukan yang rancak serta video yang penuh tarian, bisa dipastikan lagu ini tentang kebahagiaan hidup di Afrika (sotoy dikit.. hahaha). Masalah penafsiran boleh berbeda tiap orang.. silahkan kalian tafsirkan lagu ini.

The Piano Guys – Peponi

Sebenarnya ini bukan lagu Afrika asli sih. Ini adalah lagu Coldplay berjudul Paradise yang diaransemen The Piano Guys menjadi berbalut instrumen Afrika. Lirik lagu ini diganti dengan bahasa Swahili (Peponi = Paradise). Aransemen+pergantian lirik ini menurut saya membuat lagu ini menjadi lebih macho! Silahkan di buffer dulu..

Sekian dulu lagu-lagu Afrika yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan rasa penasaran anda ke musik-musik etnik. hohoho..

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s