Proyek Akhir..

Ternyata benar yang dicurhatkan beberapa mahasiswa tingkat akhir tentang tugas/proyek akhir. Pertanyaan tentang proyek akhir ke mahasiswa tingkat akhir itu sedikit sensitif. Pertanyaan seperti “PA gimana?”, “kapan sidang?”, “kapan wisuda?” mungkin hanya dijawab mahasiswa akhir dengan senyuman manis yang mempunyai makna “brengsek”..

Oke, kali ini saya dalam masa-masa ini. Masa-masa membuat PA yang suram. Gak tau harus tanya ke siapa. Googling cari tutorial dapetnya tutorial bahasa inggris. Tutorial bahasa inggris = tidak dapat tutorial. Gak sih itu lebay.. tapi beneran malesin dapet tutorial bahasa inggris.

Proyek akhir di kampus dayeuh kolot sedikit berbeda, perbedaannya ada di tema umum yang ditentukan dari fakultas, terus diwajibkan berkelompok! (yeee…), dan deadline menusuk (damn..). Tema umum dari fakultas yaitu Indonesia di hati. Jadi proyek yang harus dikerjain harus berbau Indonesia gitu lah. Dari kelompok-kelompok “pesaing” bikin sesuatu yang break the limit banget lah. Ada yang bikin game FPS (semacam counter strike, point blank) dengan tema perjuangan, ada yang game 3D, ada yang bikin sosial media macam foursquare untuk mengenalkan objek wisata di Indonesia, sampe ada yang bikin augmented reality peta (peta kertas disorot pake kamera handphone, terus di layar handphone muncul detail dari kota-kota di peta tersebut) gitu.. Dan kelompok saya membuat… Rumah Wayang! *mendadak sepi..

Rumah Wayang sih konsepnya interactive storytelling gitu, kita ambil cerita wayang Baratayudha. Interaktif disini maksutnya user ikut berinteraksi dalam cerita gitu. Ya biar menghilangkan kesan cerita wayang yang bikin ngantuk juga sih.. Selain cerita ada juga ensiklopedia mini yang mengenalkan tokoh-tokoh di lakon Baratayudha. Konsepnya keren kan? implementasinya? yaaa… begitulah… silahkan nilai sendiri..

Capture1

ensiklopedia mini.. belum dipoles

Capture2

ada kuis juga..

dan yang paling membuat nyesek adalah fungi utama storytelling belum dibuat! kyaaaa… dan deadline di depan mata. kyaaa…. dan masih banyak tugas lain. kyaaaa.. dan ajdhflajhdfouaefuaoef. kyaaaaa..

One thought on “Proyek Akhir..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s