Kuliner khas Lombok

Bulan Juli tahun lalu (2012), saya hidup di kota Mataram beberapa hari untuk menunaikan kerja praktek. Saya memilih Mataram sedikit gambling sebenarnya, karena belum pernah sekalipun kesana sebelumnya. Cuma modal diceritain papa kondisi disana (kebetulan papa dulu sering bolak-balik Mataram). Tapi ternyata pas registrasi tempat kerja praktek, ada beberapa teman yang dikenal. Dan akhirnya saya mengenal semua yang kerja praktek di Mataram, soalnya cuma 10 orang yang kerja praktek disana.

Mataram ini kota yang asik, walaupun di pinggir pantai tapi udaranya masih segar. Penduduknya juga masih sedikit, terlihat dari lalu lintas yang bebas macet di hari biasa. Belum lagi banyak objek wisata di pulau Lombok ini yang bisa dijangkau dari Mataram. Saking asiknya kota ini, saya menobatkan Mataram sebagai kota ternyaman setelah kota Malang! hehehe.. Tapi bener, Mataram ini kota the best yang pernah saya kunjungi daripada kota-kota lain, selain karena yang sudah saya sebutkan diatas, hal lain yang bikin betah di Mataram yaitu kulinernya!

Oke berikut catatan saya tentang kuliner khas pulau Lombok..

Sesuai dengan namanya yaitu pulan Lombok, kuliner disana punya karakter super spicy. Yang ngerasa tahan makanan pedas, cobain dulu cicipin ayam taliwang, plecing kangkung, sama nasi balap puyung. Nama yang terakhir nih juaranya, bisa bikin keringetan sampai nangis-nangis. Nasi balap puyung yang asli ada di daerah Puyung dekat kota Praya, cap Inaq Esun. Katanya sih Inaq Esun ini yang bikin resep aslinya. Cari tempatnya agak susah, masuk-masuk gang gitu, tapi gak nyesel dah cari sampe blusuk-blusuk.

plecing kangkung

plecing kangkung

ayam taliwangayam taliwang

nasi balap puyungnasi balap puyung

inaq esuncap Inaq Esun

Buat yang gak suka pedas ada juga kok, ada sate rembiga, sate ikan, sama bebalung. Sate rembiga itu sate dari daging sapi dan pakai bumbu yang manis, kalo di Jawa mungkin masih satu keluarga sama sate komoh. Sate rembiga bisa dicari di dekat bandara udara lama, nama jalannya lupa euy (*cari di google maps.. jalan wahidin sudirohusodo, di kiri jalan). Warungnya buka pas malam kayaknya, jadi datangnya malam sekitar habis maghrib.

Kalau sate ikan ini khas makanan Lombok Utara, bisa ditemui di pinggir pantai di kabupaten Tanjung, katanya enak banget sate ikan disana tapi belum pernah nyobain. Kalau kamu lagi di Mataram dan pengen nyobain sate ikan, coba datang sore-sore ke bandara udara lama, di deket situ ada yang bakar-bakar sate ikan biasanya. Selanjutnya bebalung, mirip-mirip sup iga gitu kalau menurut saya..

sate ikan

sate ikan dan pepes ikan

Dan selanjutnya adalah makanan juara, makanan terbaik selama saya hidup di Mataram yaitu….. Suckling Pig!! Damn, itu tuh makanan yang membuat saya berteriak Eureka pas kunyahan pertama (lebay dikit gakpapa lah ya..) Oiya, makanan ini tentu buat babi lovers ya.. Jadi kalau enggak makan babi jangan dicari kuliner ini. hehe.. Suckling pig ini sebenarnya elemen dari kuliner Nasi Campur Bali, terdiri dari irisan kulit babi yang krispi, daging babi, usus dan jeroan lain, sate babi (bakar, bumbu merah, lilit), dan lawar (kadang-kadang diganti sayur lain). Walaupun kuliner ini khas Bali, tapi di Mataram gak kalah enak rasanya.

Nasi campur bali Bu Suta adalah yang tersohor di Mataram, rasanya enak tapi harganya ekonomis. Tempatnya agak masuk-masuk gitu, kalau kamu lagi di mataram cari jalan Airlangga mau ke arah jalan Udayana, terus tanya orang di sekitar situ pasti pada tahu. Tempatnya rame banget, dari pelajar, sopir taksi, pak polisi, semua pada kesana. Kalau kamu lagi di daerah pasar Cakra jangan khawatir.. Ada juga nasi campur Bali di sekitar situ di jalan Tumpang Sari, kalau dari jalan Pejanggik belok kanan, terus perempatan pertama belok kiri, gak jauh dari situ di kiri jalan ada warung, tapi nama warungnya lupa euy.. Tapi teman saya sering bilang warung itu Pancake, gak tau dah artinya..

nasi campur bali pancakenasi campur Bali Pancake

nasi campur bali bu sutanasi campur Bali Bu Suta

segitu dulu report saya mengenai kuliner di Mataram, selain alamnya ternyata kuliner disana juga indah.. selamat menikmati kuliner pilihanmu di Mataram.

2 thoughts on “Kuliner khas Lombok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s