Wisata ke Lombok 2

Di postingan sebelumnya sudah saya bahas sebagian tempat wisata di Lombok. Kali ini saya akan menyambung postingan sebelumnya dengan tempat-tempat wisata yang didominasi oleh pantai-pantai yang mungkin masih sangat jarang dikunjungi. Alias pantai perawan yang ada di Lombok. Cekidot..

Desa Adat Sade

Sade adalah salah satu desa adat suku Sasak yang berada tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok di Praya. Di tempat ini kita bisa melihat-lihat rumah adat dan tempat ibadah yang masih asli. Di desa Sade juga menjual pernak-pernik khas suku Sasak, termasuk kain Sasak. Selain membeli kain, kita juga dapat melihat cara pembuatan kain tersebut dari memintal benang sampai merajut kain.Tidak puas hanya melihat, kita diperbolehkan belajar memintal benang sama ibunya. Saya sarankan untuk membeli kain khas Sasak disini, karena motifnya bagus-bagus dan harganya bisa ditawar.

sade3

sudut desa Sade

sade1

memintal benang

sade2

menganyam

Pantai Tanjung An, Kuta, Mawun

Selanjutnya adalah pantai yang terkenal di Lombok Tengah. Tanjung An, Kuta, dan Mawun adalah pantai di selatan Lombok Tengah. Tempatnya tidak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Tanjung An dan Kuta tempatnya berdekatan, pantainya sama-sama eksotis. Di Tanjung An ada semacam bukit dari karang yang menjorok ke laut, mungkin karena itulah namanya tanjung (sotoy..). Pantai selanjutnya adalah pantai Kuta. Bukan hanya Bali yang punya Kuta, tapi Lombok juga. Keunikan pantai ini adalah pasir lautnya yang berbentuk mirip merica, sehingga ketika memijakkan kaki di pasir kaki kita akan dengan cepat masuk ke dalam. Pantai Mawun lebih eksotis lagi, di sana masih tergolong sepi karena tempatnya agak jauh dari 2 pantai diatas, jalan untuk kesana juga masih jelek. Tapi dibalik jalan yang buruk, dibayar tuntas dengan eksotisnya pantai Mawun

kuta

pantai Kuta

mawun

pantai Mawun

Pantai Cemara

Sesuai namanya, di sekitaran pantai ini tumbuh pohon cemara. Pantainya biasa aja sih, tapi enaknya disini masih sepi banget, masih bersih pantainya. Selain itu karena banyak ditumbuhi pohon cemara jadi bisa berteduh, di pantai kan terik banget tuh. Oiya, jangan lupa bawa jajanan sama minuman kalau ke pantai ini soalnya jarang (gak ada) yang jualan.

cemara

pantai cemara

Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berupa tebing yang cukup curam terletak di ujung tenggara pulau Lombok. Dari sini bisa terlihat samar-samar pulau tetangga di barat Lombok yaitu pulau Sumbawa. Perjalanan dari kota Mataram ke Tanjung Ringgit sekitar 3 jam. Jalanan menuju kesini juga kurang bagus, tapi biasanya wisata yang aksesnya jelek itu biasanya tempatnya bagus (seriusan..). Di sekitar jalanan menuju ke tanjung ringgit banyak juga pantai2 eksotis yang dapat dikunjungi.

ringgit

tanjung ringgit

Pantai Tangsi (Pink)

Pantai Tangsi atau biasa dikenal dengan pantai Pink, terletak di timur pulau Lombok. Sebelum mencapai Tanjung Ringgit, kita bisa mampir dulu ke pantai ini. Seperti namanya, pantai ini berpasir warna pink. Warna pink disebabkan oleh karang-karang berwarna merah yang terkikis ombak, lalu menyatu dengan pasir pantai. Pertama kali melihat ini saya langsung terkagum, air lautnya biru gradasi kehijauan, pasirnya kemerahan. Pantai ini seperti lukisan! No lebay, silahkan datang sendiri dan siap-siap terkagum😛

pink

pantai pink

pink2

yang bikin pink

Pantai Surga

Entah waktu itu saya berada di pantai yang benar atau tidak, yang pasti pantai ini cantik sekali. Untuk ke pantai ini kita memasuki semacam hotel (nama hotelnya juga lupa), kurang tahu juga itu hotel atau villa pribadi. Pantai surga ini berbentuk teluk yang dikelilingi tebing. Cantik pake banget!

surga

pantai surga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s