Kuliner khas Jawa Timur

Di postingan sebelumnya saya sudah tulis tentang kuliner khas Lombok yang super enak, terutama suckling pig Bu Suta!😀

kali ini saya mau tulis beberapa kuliner Jawa Timur yang gak kalah enak dari kuliner Lombok. Kuliner khas Jawa Timur sangat bervariasi. Ambil contoh pecel, pecel di madiun sama pecel di blitar beda rasanya tapi… sama enaknya! yuk kita simak makanan-makanan khas jawa timur yang eksotis.

Rawon

Rawon adalah makanan Jawa Timur paling eksotis, warnanya aja udah item (item = eksotis), rasanya gak usah ditanya. Enak cak! Hitam kuah rawon itu dihasilkan dari rempah bernama kluwek (bahasa indonesianya kurang tau sob!). Lauk dari Rawon ini biasanya ya irisan daging sapi, bisa tambah tempe/mendol. Kalau mau kenyang lagi tambah sama babat sapi. Semuanya enak!

rawon khas surabaya

Rujak Cingur

Mungkin banyak dari kita kalau rujak itu isinya buah-buahan. Nah kalau di jatim rujak dikolaborasi sama cingur, yaitu bagian bibir dari sapi. Selain itu rujak cingur ditambah sama sayur-sayuran hijau, buahnya pakai bengkuang (seger..), plus irisan 3 bersaudara : tahu, tempe, menjes. Oiya bumbu rujak cingur beda dengan rujak buah, bumbu rujak cingur gak kalah eksotis sama rawon, hitam men! Beda dengan rawon, hitam dari bumbu rujak cingur dihasilkan dari petis. –Enak gak? Pastinya enak!

rujak cingur

Nasi Buk

Nasi buk ini asalnya dari Madura (masih jawa timur lho!). Tahu kan kalau orang madura itu pinter banget masaknya? ada sate madura, soto madura, dan jagoannya adalah nasi buk ini. Nasi buk berisi nasi (pastinya), empal daging, babat, paru, jeroan sapi, serundeng, sama sayur tewel (tewel apa ya bahasa indonesianya?). Nasi Buk ini agak susah ditemukan diluar jawa timur, kalau mau cobain silahkan mampir ke kota-kota jawa timur seperti Surabaya, Malang, Jember dan kota-kota pesisir utara jawa timur seperti Situbondo, Probolinggo. Kalau mau yang beneran asli langsung datang aja ke pulau Madura.

nasi buk madura

Krengsengan

Krengsengan ini kuliner olahan dari daging sapi. Bumbunya berwarna hitam kadang juga berwarna coklat, dagingnya juga dipilih daging yang terbaik yang gak ada lemaknya. Mirip dengan rawon, tapi krengsengan bumbunya kering bukan kuah. Kalau menurut saya sih krengsengan ini boleh dibilang rendang-nya Jawa Timur.

krengsengan

Pecel

Pecel ini juga makanan khas dari Jawa Timur. Tapi sebenarnya di Jawa Barat juga ada makanan serupa yang bernama lotek. Pecel atau lotek ini berisi sayuran dengan bumbu dari kacang. Setelah beberapa kali saya makan antara pecel dan lotek saya temukan beberapa perbedaan yaitu : lotek biasanya dimakan dengan kerupuk, kalau pecel dimakan dengan peyek😀 Yang pasti dua-duanya sama-sama enak dan kaya serat.

nasi pecel plus peyek

Ayam Lodho

Kuliner khas Jawa Timur yang lainnya yaitu ayam lodho. Masakan ini banyak ditemukan di kota Blitar, Tulungagung dan sekitarnya. Ayam Lodho adalah olahan ayam kampung yang dipanggang sebentar hingga kecoklatan, kemudian direbus sebentar dengan kuah kaldu santan hingga empuk. Menu ayam lodho ini biasanya disajikan pedas di warung-warung.

ayam lodho

Gimana? enak-enak gak tauh kuliner khas Jawa Timur? Sok yang penasaran langsung aja cari tiket penerbangan ke Jawa Timur dan rasakan eksotisme kuliner Jawa Timur🙂

6 thoughts on “Kuliner khas Jawa Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s