Pantai “Baru” di Malang Selatan

Traveler sejati pasti sudah tahu kalau Malang punya banyak destinasi wisata. Mulai dari mall, taman wisata, kuliner, pegunungan, sampai… pantai!
Siapa sih yang belum tahu keelokan Segara Anakan di Pulau Sempu? Atau eksotisme Balekambang yang mirip Tanah Lot di Bali?
Pantai di Malang sekarang bukan cuma Sendang Biru, Pulau Sempu, dan Balekambang aja. Sudah banyak dibuka pantai untuk umum di Malang Selatan. Dimana aja tuh? Cekidot brother!

1. Goa Cina
Pantai Goa Cina letaknya di Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Untuk lebih mudahnya, arah ke pantai ini sama dengan arah menuju Pantai Sendang Biru (pantai untuk menyeberang ke Pulau Sempu). Setelah hampir sampai ke Sendang Biru, ambil arah ke kanan. Jalan didaerah ini tampaknya akan dibuat untuk jalur sepanjang Pantai Selatan di Jawa, karena sebagian jalan sudah diaspal dan sangat lebar.
Pantai Goa Cina masih terhitung “baru” dibuka, tetapi fasilitas yang ada disini sudah cukup lengkap. Sudah ada warung, MCK, dan area camping ground yang cukup luas.
Apa yang spesial dari pantai ini? Menurut saya yang spesial dari banyak pantai di selatan Jawa adalah dari bentuk batu karangnya. Di Goa Cina ada batu karang yang memiliki lubang/gua kecil yang konon tempat bertapa seoarang pengembara dari cina. Selain itu hamparan hijau dari lumut dan hewan laut dibibir pantai menambah indah pantai ini. Selanjutnya biar foto yang berbicara..

20150719151932

Pantai Goa Cina ada ijo-ijo nya

20150719153224

Banyak batu karang eksotis

2. Pantai Bengkung
Masih di daerah Sumbermanjing Wetan, pantai ini ada di barat pantai Goa Cina. Dari Goa Cina perjalanan ke Pantai Bengkung tidak terlalu jauh, cukup berjalan ke arah barat sekitar 3-5 km.
Dinamakan pantai Bengkung karena dari pantai terlihat batu karang super gede yang mirip bengkung (= ikat pinggang .bhs jawa). Yang lebih eksotis lagi bibir pantai semacam dipagari oleh jajaran batu karang, sehingga ombak tidak sampai ke pasir di pantai. Saking bagusnya sampai susah deskripsiin 😁

20150720094027

Sebelah pantai Bengkung (lupa namanya). Pasirnya putih, gradasi lautnya ketara banget!

20150720100149

Pantai Bengkung, ada karang yang seolah memagari bibir pantai

20150720100457

Ombak pantai Bengkung relatif besar, hati-hati!

3. Pantai Lenggoksono
Dari Sumbermanjing Wetan, kita berpindah ke kawasan pantai di Kecamatan Dampit. Dari Kecamatan Dampit, kita harus menuju selatan untuk mencapai pantai ini. Hati2 dalam menggunakan GPS, jika tidak mau dilewatkan jalan desa yang cukup ekstrim (cek tips dibawah postingan ini ya!)
Pantai ini sebenernya kurang cakep (ini subyektif). Pantainya berbatu sehingga cukup sulit untuk menancapkan pasak ketika mendirikan tenda. Selain itu sampah juga terlihat cukup banyak berserakan. Eits, tapi memang bukan di pantai ini letak keindahannya. Pantai ini semacam dermaga menuju pantai indah di sampingnya, yaitu pantai Banyu Anjlok dan pantai Bolu bolu. (Tips transportasi dan akomodasi lihat dibawah ya!)
Banyu Anjlok atau dalam bahasa Indonesia ‘Air Jatuh’ atau lebih gampangnya air terjun. Lah ini ke pantai atau air terjun? Dua-duanya bisa kamu dapetin bro sis! Kebayang gak ada air terjun yang ujungnya bertemu air laut langsung? Keren parah! Kamu gak cuma bisa foto2 disini, kamu juga bisa nyemplung ke kubangan air terjun diatasnya. Tapi hati2 ya, kolam kubangan air terjunnya cukup dalam.
Selanjutnya adalah pantai Bolu bolu. Pantai ini tergolong masih perawan. Menurut mas mas penduduk asli sana, pantai ini baru dibuka untuk dikomersilkan bulan Januari 2015 lalu. Disinilah spot camping yang paling bagus. Tapi untuk camping disini paling tidak kamu harus sampai di pantai lenggoksono sebelum jam 5 sore

20150721070809

Banyu Anjlok : Air terjun bertemu laut

IMG-20150731-WA0000

Bisa snorkeling juga kalau sewa perahu

4. Pantai Sepilot
Pantai ini masih terhitung bersebelahan dengan pantai lenggoksono. Tapi, untuk ke pantai Sepilot ini kamu harus sedikit memutar dari pantai Lenggoksono dan menuju desa Pujiharjo.
Pantai Sepilot ini sebenernya adalah pantai kampung para nelayan. Kamu bisa beli ikan segar yang baru diambil dari laut di toko kecil milik penduduk. Ikannya macam2, dari tongkol sampai cumi-cumi. Habis beli ikan, kamu bisa minta masakin ke warung2 yang berjajar di pantai ini.
Untuk urusan view, pantai ini gak kalah keren sama pantai Malang Selatan lain. Pantai berbentuk teluk ini punya ombak yang relatif tenang. Pantai ini sangat cocok untuk camping. Fasilitas seperti MCK dan warung sangat cukup meskipun masih sederhana.

20150721115440

Nelayan Desa Sepilot

20150721130547

Cumi-cumi kecap pedas!

 

Tips and trik
1. Ketika camping di goa cina, untuk urusan MCK lebih baik kita sewa untuk sehari daripada harus bayar tiap kali pakai. Tinggal tawar aja ke pemiliknya. Baik kok orangnya.
2. Untuk ke pantai lenggoksono, hati2 menggunakan GPS. Jangan lewat desa Sukodono, karena jalannya cukup ekstrim. Kecuali kamu pengen lewat jalan yang menantang. Lebih baik lewat jalan besar Dampit – Lumajang. Belok kanan ketika ada pengkolan dan gapura garuda, disitu ada tanda kecil ke arah pantai sepilot. Jalan ini relatif lebih baik.
3. Kalau mau camping di bolu bolu, usahakan datang ke pantai lenggoksono tidak lebih dari jam 5 sore. Karena jam aktif perahu penyeberangan jam 7 pagi – 5 sore
4. Ada 2 alternatif penyeberangan ke bolu-bolu dan banyu anjlok. Pakai ojek dan pakai perahu. Lebih baik pakai perahu, harga 50rb per orang dan kita diajak ke 3 tempat : banyu anjlok, snorkeling, bolu-bolu.
5. Untuk alat snorkeling masih harus sewa. Kalau belum naik harga waktu itu 25rb per orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s