Bandung’s Pork Culinary

Sekian lama saya tidak menulis tentang makanan, bisa jadi karena kemalasan saya belaka atau keterbatasan isi dompet buat cobain makanan😦 . Saya akan membeberkan beberapa makanan yang 100% haram di Bandung, mungkin  gak lengkap sih, atau ada beberapa yang belum cobain (karena mahal). Tapi kamu yang mahasiswa, pekerja, ataupun pelancong yang lagi di Bandung wajib tahu makanan-makanan ini untuk booster vitamin B2 kamu. check this out!

Masakan Batak. Horas!

Salah satu yang saya syukuri ketika harus tinggal di Bandung adalah bisa mengenal masakan batak. Meskipun kata teman-teman saya yang orang Batak rasanya masih jauh lebih enak di daerah Sumatra Utara, tapi masakan Batak di Bandung is worth to try! Yah mungkin buat orang Batak bisa untuk obat rindu masakan di kampung halaman. Kalau untuk pork lovers seperti saya, makanan ini bisa menjadi objek wisata kuliner!

Salah satu “lapo batak” yang cukup kesohor adalah lapo Gundaling. Letaknya di daerah Telkom Japati. Beberapa masakan Batak seperti babi panggang, saksang, rica, dan arsik ada disini. Kamu yang mau cobain rica B1 juga ada disini, kalau saya sih gak doyan (kalau cuma seporsi). Menu favorit disini berdasarkan celingak celinguk di lapo ini adalah BPK alias babi panggang karo, potongan dagingnya gede-gede, dan kuah sopnya seger. Untuk harga bisa dibilang lebih murah daripada lapo dikelasnya, yaitu 25 ribu saja (tahun 2015).

Satu lagi lapo yang jadi primadona mahasiswa perantauan, yaitu BPK Sukadame. Letaknya di dekat pasar caringin, pas dipinggir jalan Soekarno Hatta. Kenapa lapo ini jadi primadona mahasiswa? Karena porsi nasinya kuli banget, dagingnya kecil-kecili tapi masih cukuplah, terus kalau beruntung biasanya kuah sopnya ditambahin bebalungan (biasanya pagi). Selain itu harganya mahasiswa parah, cuma 15 ribu! (tahun 2015). Ada yang bilang itu yang dimasak daging celeng makanya bisa murah, but who cares? celeng kan masih kerabat dekat babi😀

Selain 2 lapo diatas masih banyak lapo bertebaran di Bandung dan belum sempat saya cicipi semua. Z A D!

venue_4fb64664e4b0cb2f0b63cf03_536de80e498e5a67c9987ba1_https-irs3-4sqi-net-img-general-original-2325205_48saqjnh-7hnul5vtv49jxdex8fkzrfuzofx7-4qtnu

Panggang khas RM. Gundaling. sumber : https://www.gigastic.com/id/rm-gundaling?o

Posisi RM. Gundaling, Jalan Bagusrangin

img_74131

Panggang khas BPK Sukadame. sumber : https://culinaryexperiencesblog.wordpress.com

Posisi BPK Sukadame. Di map kok namanya Bapak Sukadami ya?

Chinese Food

Bukan rahasia lagi kalau chinese food banyak menggunakan bahan-bahan pork based. Mulai dari minyak sampai dagingnya sendiri. Di Bandung ada banyak banget restoran chinese food. Contohnya di daerah Cibadak, disana resto chinese food berjejeran. Ironisnya saya baru mencoba 1 tempat makan. *hiks.. Bukan tanpa alasan sih, yang pertama porsi chinese food kebanyakan adalah porsi keluarga, yang kedua masalah klasik.. tau sendiri lah ya..

Oke, tempat makan yang saya coba namanya Gang Sempit. Letaknya di jalan jendral Sudirman pas dipinggir jalan. Buat yang baru kesana, pelan-pelan jalannya karena papan penunjuknya gak ada (atau sekarang udah ada?). Namanya Gang Sempit, karena waktu pertama masuk tempatnya kecil banget kayak gang dan sempit. Tapi ketika masuk lebih dalam ternyata ada tempatnya lagi dan lebih luas. Makanan disini seperti masakan chinese food umumnya; fuyunghai, capcay, babi kecap, dll. Yang masih keinget rasanya (saking lamanya) yaitu fuyunghai, rasanya otentik milik Gang Sempit!

IMG_20140606_190537

Fuyunghai, capcay (babi), (babi) kecap khas Gang Sempit

Posisi RM. Gang Sempit

Nasi Goreng

Satu lagi makanan pork based yang cukup kesohor di Bandung yaitu nasi goreng. Letaknya dibelakang Riau Junction, diseberang distro-distro terkenal di Jl. Trunojoyo. Jangan salah, walau cuma kuliner gerobak tapi yang ngantri panjang bener. Menunya tak lain tak bukan adalah nasi goreng babi. Kesan pertama waktu nasgor nya datang adalah porsinya kecil, tapi waktu suapan pertama rasanya kayak ditendang Philippe Coutinho! Daging babinya legit, dan nasinya gurih. Nendang banget! Harganya untuk seporsinya sekitar 20-25 ribu. Kamu wajib coba!

nasgor-babi-trunojoyo

Nasgor Babi. Setelah googling baru tau nama gerobaknya Mie Ong. sumber : http://www.klikhotel.com/blog

Posisi Nasgor Babi. Gerobakan, bukanya agak malam

Baru segitu sih yang saya pernah coba. Yuk yang mau update atau nambahin masakan babi favoritmu di Bandung, tulis di kolom komentar ya!

 

6 thoughts on “Bandung’s Pork Culinary

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s